Logika diperkenalkan pertama kali oleh aristoteles (384-322 SM).
Definisi Logika itu sendiri adalah logika, penalaran atau pemikiran. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus di ikuti agar dapat berpikir valid menurut aturan yang ada.
Algoritma diperkenalkan oleh seorang ahli matematika "Abu ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi", seorang ilmuan dari persia yang menulis kita Al jabr w'al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825M.
Definisi Algoritma itu sendiri adalah langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. Suatu prosedur yang merupakan urutan langka-langka yang berintegrasi. Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata. Kriteria pemilihan algoritma ada output, efektifitas dan efisiensi. Jumlah langkahnya berhingga, berakhir, dan terstruktur.
Algoritma dalam kehidupan
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyka cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun algoritma juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contoh mudahnya saat kita minum. Saat kita minum ada langkah yang harus dilakukan seperti pergi mengambil gelas, memegang gelas, mengangkat gelas, membawa gelas, mengisi air, mendekatkan gelas ke mulut, meminum air dalam gelas, dan menaruh gelas kembali.
Bahasa Pemrograman
Untuk belajar algoritma tentu kita membutuhkan sebuah program yang membaca kode, banyak macam program yang kini tersedia seperti Borland c++, Dev c++, Pascal, Basic, dll.
Flow Chart
Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Pedoman untuk menggambarkannya :
Sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri suatu halaman. Kegiatan harus ditunjukkan dengan jelas dimulai dan berakhirnya suatu kegiatan, masing-masing kegiatan sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan kegiatannya sudah dalam urutan benar. Kegiatan yang terpotong dan akan disambung ditunjukkan dengan jelas oleh simbol penghubung digunakan simbol-simbol yang standar.
Suatu flowchart adalah suatu representasi secara diagram yang mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil. Dengan kata lain, flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar. Dalam menggambarkan flowchart, digunakan simbol tertentu seperti diatas.
Flowchart terdiri dari 3 struktur yaitu:
1. Struktur Squence atau Struktur sederhana
2. Struktur Branching atau percabangan
3. Struktur Looping atau perulangan
Contoh flowchart sederhana:
Header dan Fungsi pada Borland C++
Definisi Logika itu sendiri adalah logika, penalaran atau pemikiran. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus di ikuti agar dapat berpikir valid menurut aturan yang ada.
Algoritma diperkenalkan oleh seorang ahli matematika "Abu ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi", seorang ilmuan dari persia yang menulis kita Al jabr w'al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825M.
Definisi Algoritma itu sendiri adalah langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. Suatu prosedur yang merupakan urutan langka-langka yang berintegrasi. Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata. Kriteria pemilihan algoritma ada output, efektifitas dan efisiensi. Jumlah langkahnya berhingga, berakhir, dan terstruktur.
Algoritma dalam kehidupan
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyka cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun algoritma juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contoh mudahnya saat kita minum. Saat kita minum ada langkah yang harus dilakukan seperti pergi mengambil gelas, memegang gelas, mengangkat gelas, membawa gelas, mengisi air, mendekatkan gelas ke mulut, meminum air dalam gelas, dan menaruh gelas kembali.
Bahasa Pemrograman
Untuk belajar algoritma tentu kita membutuhkan sebuah program yang membaca kode, banyak macam program yang kini tersedia seperti Borland c++, Dev c++, Pascal, Basic, dll.
Flow Chart
Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Pedoman untuk menggambarkannya :
Sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri suatu halaman. Kegiatan harus ditunjukkan dengan jelas dimulai dan berakhirnya suatu kegiatan, masing-masing kegiatan sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan kegiatannya sudah dalam urutan benar. Kegiatan yang terpotong dan akan disambung ditunjukkan dengan jelas oleh simbol penghubung digunakan simbol-simbol yang standar.
Suatu flowchart adalah suatu representasi secara diagram yang mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil. Dengan kata lain, flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar. Dalam menggambarkan flowchart, digunakan simbol tertentu seperti diatas.
Flowchart terdiri dari 3 struktur yaitu:
1. Struktur Squence atau Struktur sederhana
2. Struktur Branching atau percabangan
3. Struktur Looping atau perulangan
Contoh flowchart sederhana:
Header dan Fungsi pada Borland C++
Beberapa bagian yang harus di perhatikan adalah header dan fungsi. Header adalah dimana kita memasukkan library yang ada dalam C++ kedalam kode program kita. Fungsi adalah “tempat” dimana kita bisa “bereksperimen”. Dimana didalamnya terdapat semua statement yang kita buat.
Pada baris pertama ada perintah #include . Tanda ‘#’ adalah preprocessor directive.
Preprocessor directive adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, memasukkan file library, dll.
Contoh – contoh dari preprocessor :
. #define maximum_number 100000
. #include “fileku.h”
. #undef maximum_number
. #ifdef maximum_number
. #include “fileku.h”
. #undef maximum_number
. #ifdef maximum_number
. #define maximum_number_2 1000
. #endifBeberapa contoh Header yang ada pada Borland C++ :
. #iostream => perintah untuk input dan output program.
Seperti cout.
. #time => perintah menampilkan waktu.
. #stdio => perintah menampilkan scanf dan printf.
. #math => perintah melakukan perhitungan matematika.
seperti sin, cos, tan, sqrt, dll.
. #string => perintah memanipulasi string seperti
strcpy dan strcat.
. #conio => perintah interface user.
. #windows => perintah untuk menampilkan perubahan pada windows.
. #iomanip => perintah untuk memanipulasi iostream.
main () adalah fungsi utama (main) yang harus ada dalam setiap program C++ kita. Di sini yang digunakan adalah dengan main tanpa nilai kembalian dan tanpa paramater.
beberapa fungsi lain dalam penggunaan borland C++:
. clrscr() => perintah untuk menghapus windows.
. getch() => membaca karater dari konsol tanpa buffer
dan pengulangan.
Variabel pada Borland C++:
. Int & Long Int => membaca numerik.
. Float => membaca pecahan.
. Double => membaca desimal dan pecahan.
. Char => membaca 1 karakter contoh 'a', 'b', '1', dll.
. Boolean => membaca nilai true dan false.
. String => membaca karakter panjang atau banyak karakter.
Mungkin sekian penjelasan dari saya tentang beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mempelajari borland C++ atau program coding lainnya. Langsung saja kita tes dalam beberapa program yang saya post selanjutnya.
Firman Oktafian
18123552
12.1L.13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar